Makanan Khas Korea yang Terkenal Enak dan Lezat

Makanan Khas Korea yang Terkenal Enak dan Lezat

USA Biz News – Siapa yang selalu tergoda saat melihat makanan Korea? Masakan Korea selalu merebut hati dunia. Apalagi bagi yang sering menonton drama Korea. Dalam drama Korea, banyak makanan khas Korea yang disuguhkan. Tujuannya bukan hanya untuk menghibur. Namun, untuk memperkenalkan budaya Korea.

1. Kimchi

Kimchi adalah makanan khas Korea yang sudah terkenal di seluruh dunia. Kimchi merupakan salah satu makanan pendamping wajib pada waktu makan. Hampir semua masakan Korea akan dinikmati dengan kimchi.

Kimchi adalah sayuran yang difermentasi. Umumnya, kimchi berwarna oranye hingga kemerahan. Makanan ini sangat populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Kimchi biasanya terbuat dari radicchio. Chicory akan difermentasi menggunakan bumbu khas Korea, yaitu gochujang. Waktu fermentasi untuk kimchi ini adalah sekitar satu minggu.

Namun, ada juga beberapa varian yang bisa langsung dikonsumsi setelah diolah. Bagi orang Korea, kimchi adalah lauk yang harus disertakan dalam hampir setiap makanan sehari-hari. Kimchi cocok dengan nasi, mie, dan bahkan daging.

2. Japchae

Makanan khas Korea selanjutnya adalah japchae. Japchae adalah hidangan tumis yang biasanya dimakan dengan nasi. Selain kimchi, japchae juga merupakan salah satu makanan yang sering ditemukan di lauk Korea.

Japchae adalah mie Korea atau mie tumis dengan campuran sayuran dan daging. Daging yang paling sering digunakan untuk membuat japchae adalah daging sapi. Semua bahan ini akan ditumis dengan minyak wijen dan dibumbui.

Umumnya, japchae digunakan sebagai lauk di acara-acara besar. Ternyata, makanan ini memiliki sejarah yang panjang. Japchae adalah makanan khas Korea yang sudah ada sejak abad ke-17 tepatnya sejak Dinasti Joseon.

3. Tteok

Makanan khas Korea selanjutnya adalah tteok. Tteok adalah makanan yang terbuat dari tepung beras ketan. Oleh karena itu, teksturnya akan sedikit lengket dan mengembang. Ada banyak cara untuk mengkonsumsi tteok. Seperti dikukus, direbus, bahkan digoreng.

4. Haemul Pajeon

Haemul berarti krustasea atau kerang. Sedangkan pajeon adalah nama makanan Korea yang berbentuk bender. Jadi haemul pajeon adalah pancake yang diisi dengan makanan laut.

Umumnya, saat ada pesta tradisional Korea, makanan ini tidak pernah ketinggalan. Makanan ini berupa pasta yang mengandung beberapa bahan. Seperti telur, daun bawang, paprika dan kerang seperti cumi-cumi, gurita dan lain-lain. Di Indonesia, haemul pajeon mirip dengan martabak telur.

5. Chapssal

Makanan Korea lainnya yang termasuk dalam kategori manis adalah chapsal. Chapssal adalah roti khas Korea. Makanan ini memiliki konsep rasa yang hampir mirip dengan donat.

Kalau dilihat, luarnya sama saja dengan ditaburi gula icing. Ini adalah salah satu alasan mengapa hidangan ini terlihat seperti donat. Roti ini terbuat dari beras.

Berisi berbagai pengisi. Chapsal Korea diisi dengan ubi jalar. Namun, ada juga yang mengandung kacang merah.

Tekstur chapssal ini sedikit renyah di luar. Ini karena proses pembuatannya digoreng. Sedangkan bagian dalam atau fillingnya cenderung empuk dan lembut.

6. Mandu

Jajanan khas Korea lainnya adalah mandu. Mandu adalah makanan khas Korea yang berbentuk pangsit. Di dalam mandu, ada berbagai jenis isian.

Misalnya, mengandung daging olahan, sayuran olahan, dll. Umumnya mandu disajikan dengan cara dikukus. Kemudian mandu akan dimakan panas.

7. Tteokbokki

Makanan Korean Street Food selanjutnya adalah tteokbokki. Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Terutama bagi para penggemar drama Korea.

Tteokbokki adalah salah satu makanan yang sangat sering muncul di berbagai drama Korea. Tteokbokki adalah panekuk nasi yang diberi kuah berupa bumbu yang dicampur dengan gochujang. Rasa tteokbokki sendiri ringan dan cenderung pedas.

Teksturnya empuk karena menggunakan tepung beras. Umumnya tteokbokki dijual di pinggir jalan. Makanan ini juga bisa dinikmati dengan irisan daun bawang atau pelengkap lainnya. Seperti bakso ikan, telur rebus, perkedel ikan, siomay dan masih banyak lagi.