5 Cara Pakai Tokopedia Paylater Tanpa Terjebak Utang

Cara Mendapatkan Tokopedia Paylater dengan Limit hingga Rp 30 Juta -  Wartakotalive.com

Pembayaran Tokopedia paylater adalah cara transaksi baru di Tokopedia yang bisa memudahkan kamu untuk mendapatkan akses cicilan tanpa harus punya kartu kredit. Kredivo adalah salah satu aplikasi paylater yang bisa digunakan di Tokopedia kalau kamu sudah punya akun yang aktif dan limit kredit yang memadai. 

Sama seperti akses kredit lainnya, paylater sebenarnya hanya sebatas alat pembayaran yang sah untuk memudahkan transaksi. Ketika digunakan, maka akan ada tagihan yang harus kita bayarkan. Konsep inilah yang perlu kita sadari kalau mau pakai akses paylater atau akses kredit sejenisnya. Sebab, kalau penggunaan paylater tidak terkontrol, alhasil kita malah jadi bisa kejebak utang paylater. 

Cukup banyak kasus di mana penggunaan paylater malah berujung pada porak porandanya kondisi keuangan. Padahal, kalau dipakai dengan bijak dan pertimbangannya matang, paylater bisa sangat membantu di kondisi darurat. Misalnya, ada barang elektronik di rumah yang rusak tapi fungsinya sangat penting, seperti mesin cuci. Kalau umur mesin cuci sudah tua dan harus segera diganti, pakai cicilan paylater bisa jadi salah satu solusinya. 

Kalau kamu tertarik pakai paylater di Tokopedia atau e-commerce mana pun, ada baiknya lakukan 5 hal ini supaya transaksi kamu tepat sasaran dan tidak membebani keuangan: 

Memilih akses paylater yang tepat dan sesuai kebutuhan

Paylater, bisa menjadi salah satu alternatif terbaik kalau kamu belum punya kartu kredit tapi punya kebutuhan untuk ambil cicilan. Maka dari itu, penting untuk memilih paylater yang pas sesuai dengan kebutuhanmu. 

Kalau kamu hanya butuh paylater untuk mempermudah transaksi dan bayar dalam 30 hari, kamu bisa memilih paylater yang punya layanan ini. Sebaliknya, kalau kamu perlu pakai paylater yang bisa cicilan dengan tenor tertentu, kamu bisa mengutamakan memilih paylater yang seperti Kredivo. 

Kredivo adalah aplikasi paylater yang punya opsi cicilan 0% dengan tenor 3 bulan dan cicilan dengan tenor 6 – 12 bulan bunga rendah mulai 1.99%. Ditambah, cicilan pakai Kredivo berlaku tanpa uang muka selama limit kreditmu mencukupi. Bisa dipakai di Tokopedia dan e-commerce lainnya juga. 

Mengecek kondisi keuangan sebelum menggunakan paylater

Kalau kamu sudah punya akses paylater, misalnya punya akun Kredivo dengan limit lumayan besar, kamu juga perlu mengecek bagaimana kondisi keuangan sebelum pakai limitnya untuk bertransaksi. 

Salah satu penyebab banyaknya orang yang terjebak utang paylater adalah tidak menyadari kondisi keuangan atau mengecek lebih dulu sebelum pakai paylater. Alhasil, transaksi hanya asal dilakukan dan akhirnya menumpuk menjadi utang. 

Cara termudah untuk mengecek apakah kondisi keuangan kamu sehat untuk ambil cicilan atau pakai paylater dengan melihat rasio utang. Misalnya, kamu punya penghasilan sebesar Rp 10 juta per bulan. Idealnya, rasio utang kamu nggak boleh lebih dari 30% supaya kondisi keuangan tetap sehat. Ini berarti, maksimal cicilan yang kamu bayar per bulan nggak boleh lebih dari Rp 3 juta. 

Kalau kondisinya sudah di angka Rp 3 juta atau bahkan lebih, maka pakai paylater sangat tidak disarankan karena sama dengan akan menambah beban keuanganmu. 

Memastikan barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan

Selain mengecek kondisi keuangan, pastikan juga barang atau hal yang mau dibeli pakai paylater, termasuk kebutuhan dan bukan hanya keinginan semata. Kalau pembelian barang tersebut masih bisa ditunda dan nggak berpengaruh terhadap produktivitas atau kebutuhan di rumah, bisa jadi barang tersebut nggak benar-benar dibutuhkan. 

Memiliki mindset makin sedikit cicilan makin baik

Ketika punya cicilan, otomatis beban pengeluaran kita akan semakin bertambah setiap bulan karena harus bayar tagihan rutin sampai tenornya selesai. Di satu sisi, beli barang dengan cara cicilan memang bisa membuat kita memperoleh barang tersebut dalam waktu singkat.

Tapi, perlu diingat juga, makin sedikit jumlah cicilan yang kita punya akan semakin baik. Bukan hanya berpengaruh pada kondisi keuangan yang lebih “lega”, tapi kita juga bisa merencanakan banyak hal atau tujuan keuangan jangka pendek kalau nggak punya banyak cicilan. 

Menjaga kerahasiaan akun paylater & nggak dipinjamkan ke orang lain

Kalau punya akses paylater, penting untuk diingat bahwa akun paylater hanya boleh digunakan oleh kita sendiri sebagai pemiliknya. Hindari meminjamkan akun paylater ke orang lain atau bertransaksi pakai akses paylater tetapi untuk dipinjamkan lagi ke orang lain. Walau orang tersebut mungkin berjanji akan membayar tagihan setiap bulan, tetap saja tidak ada jaminan kalau tagihannya akan terbayar.

Alhasil, hal ini sangat berpotensi menjadi kredit macet yang ujung-ujungnya akan menyusahkan kita sebagai pemilik akun. Sebab, kalau ada kredit macet, kita harus bertanggung jawab dan membayar tagihannya.