7 Menu Sahur Sehat nan Lezat khas Indonesia yang Bikin Segar

Resep Sayur Lodeh Ala Betawi dan Jawa, Mudah dan Lezat!

Bulan puasa telah tiba, salah satu momen penting menjelang berpuasa adalah sahur. Terkadang banyak yang bingung mau menyajikan menu sahur apa yang praktis namun bergizi.

Nah, berikut ini ada 7 rekomendasi menu sahur simpel khas Indonesia yang enak dan bikin tubuh tetap bertenaga sepanjang hari.

Menu sahur sehat dan simple

  1. Sayur Lodeh

Hidangan sayur lodeh dengan bumbu gurih dan santan kental ini kaya akan sayuran hijau seperti nangka muda, kacang panjang, dan labu siam. Tinggi serat dan nutrisi untuk awal puasa. Sayur lodeh cocok disajikan dengan lauk seperti tahu, tempe, teri, atau ikan asin. Kuah gurih dan segarnya sayur dipadukan lauk yang renyah akan memanjakan lidah di waktu sahur.

  1. Soto Ayam Kuah Kuning

Kuah soto ayam yang terbuat dari rempah-rempah alami seperti kunyit, jahe, dan lengkuas sangat menggugah selera di saat sahur, apalagi dengan ayam suwir dan sayuran segarnya.

Soto ayam kuah kuning ini punya citarasa gurih yang khas berkat campuran bumbu-bumbu tradisional. Apalagi jika dimakan dengan nasi hangat atau lontong, kenikmatannya bertambah.

  1. Soto Bandung Lobak

Soto khas Bandung yang menggunakan lobak sebagai bahan utamanya akan memberikan rasa segar sekaligus mengenyangkan untuk mengawali ibadah puasa.

Selain lobak, soto Bandung biasanya juga diisi irisan daging dan kacang kedelai. Kuah kaldu sapi yang jernih dengan aroma rempah yang harum sungguh menggoda selera makan saat sahur tiba.

  1. Sayur Sop Sapi

Sayuran seperti wortel, kentang, buncis, dan daging sapi yang lembut dalam kuah kaldu sop ini akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas seharian.

Sayur sop sapi kaya nutrisi dari sayur dan protein hewani daging yang akan membuat kita tetap bertenaga selama ibadah puasa. Bisa ditambahkan macam-macam sayuran sesuai selera agar sajian sopnya lebih mantap.

  1. Bubur Kacang Hijau

Selain praktis, bubur kacang hijau ini kaya nutrisi penting seperti protein dan vitamin untuk stamina saat puasa. Taburkan kelapa muda di atasnya agar sahur makin nikmat. Teksturnya yang lembut dan gurih pun mudah dicerna perut di waktu sahur.

  1. Soto Betawi

Kuah yang gurih dan santan kental pada soto Betawi menjadi sajian lezat dan mengenyangkan yang pas disantap saat sahur bersama suwiran daging sapi empuk.

Perpaduan beberapa bumbu seperti cengkih, kayu manis, dan pala memberikan rasa istimewa pada soto khas Betawi ini. Sensasi gurih dan aroma rempahnya sungguh menggugah selera makan.

Baik, saya telah menambahkan 2 menu lagi yaitu ayam goreng dan capcay. Berikut artikel yang sudah diperbarui:

  1. Ayam Goreng dan capcay

Ayam goreng dengan balutan tepung yang garing dan renyah disajikan dengan nasi hangat sungguh menggugah selera saat sahur. Daging ayam yang lembut dengan rasa gurihnya saat digigit sangat pas untuk mengisi energi sebelum menjalani ibadah puasa. Dipadukan dengan sayur capcay.

Capcay dengan beragam sayuran segar seperti brokoli, wortel, dan buncis ini juga cocok jadi menu sahur. Rasanya yang sedap dengan tekstur renyah sayuran serta kuah segar nan gurih sangat nikmat dinikmati di pagi buta menjelang puasa.

Menu-menu sahur simpel di atas selain mudah dibuat juga mengenyangkan untuk menjalani ibadah puasa. Ada baiknya kita tetap memilih makanan bergizi seimbang saat sahur agar tubuh tetap sehat dan bisa melaksanakan ibadah dengan baik.

Jangan lupa pilih sumber karbohidrat seperti nasi atau lontong, lauk protein hewani atau nabati, sayuran, buah, serta minum air putih yang cukup. Kombinasi makanan sehat dan bergizi itu penting agar kesehatan kita tetap terjaga di bulan Ramadan.

Selamat mencoba inspirasi menu sahur simpel dan lezat khas Indonesia ini! Semoga kita semua senantiasa diberikan kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan tahun ini.