Tips Mengurangi dan Penyebab Kalori Nasi Padang, yang sedang Diet Wajib tahu

Berapa Kalori Nasi Padang Satu Porsinya? Cari Tahu Yuk!

Hanya sedikit orang yang tidak menyukai kuliner khas dari Sumatra Barat yaitu nasi padang. Saat menyantap nasi padang, biasanya banyak lauk pauk yang bisa disantap, seperti rending, ayam gulai, dendeng balado, hingga gulai otak.

Belum lagi beragam menu lainnya seperti ikan bakar dan telur balado juga terasa enak. Cakupan porsi yang banyak membuat perut terasa kenyang. Sebagaian orang yang menjalani diet, beranggapan sulit untuk melakukannya karena sangat menyukai nasi padang.

Namun sebenarnya, menjalani diet namun tetap makan nasi padang. Nah, untuk mengetahui lebih detail, dibawah ini ada penjelasan mengenai jumlah kalori dan tips mengurangi kalori nasi padang yang bisa dilakukan dimasa melanjankan program diet.

Kalori Nasi Padang.

Nasi Padang merupakan sajian favorit bagi banyak orang. Rasanya lezat, porsinya banyak, dan harganya terjangkau. Dalam satu porsinya sudah bisa langsung mendapatkan daging sapi, ayam atau ikan, sayur, dan nasi dengan kuah gulai.

Namun, apa yang dibutuhkan tubuh dari makanan bukan sekadar rasa dan harga, tapi juga pengaruhnya pada tubuh. Dengan begitu harus tetap memperhatikan jumlah kalori yang konsumsi.

Dan untuk kalori nasi Padang sendiri sebenarnya sudah cukup tinggi. Dilansir dari sumber terpecaya, rata-rata total satu porsi kalori nasi Padang adalah 664 kkal.

Menurut American Heart Association, makanan dapat disebut berkalori tinggi ketika mengandung kalori sebesar 400 ke atas. Dan total kalori nasi Padang ini bisa berubah dan berbeda tergantung dari lauk yang dipilih.

Penyebab Kalori Nasi Padang Tinggi

Asupan gizi yang paling mendominasi adalah 41% karbohidrat dan 40% protein protein per satu porsinya, dengan takaran sebesar 70 gram dari kombinasi keduanya. Kemudian disusul oleh kandungan lemak sebesar 15 gram per satu porsi nasi padang plus lauk-pauknya. Asupan lemak menyumbang 19% dari total kalori dari satu porsi menu nasi Padang. Artinya, 24% atau hampir seperempat batas konsumsi lemak harian ada di dalam satu porsi nasi Padang.

Lemak dan kalori nasi padang umumnya berasal dari hasil olahan santan. Santan juga mengandung asam laurat yang mampu meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, penyebab dari tingginya kalori nasi padang bukan cuma santan. Sebagai contoh, satu potong ayam pop yang kelihatannya tanpa lemak dan santan, Ayam pop memiliki kalori yang tinggi karena cara mengolahnya digoreng.

makanan yang menyerap minyak goreng yang membuat kalori makanan menjadi lebih tinggi ketika digoreng. Makanan yang digoreng juga diketahui mengandung lemak trans yang meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Tip Mengurangi kalori Nasi Padang

  1. Pilih sayur rebus dan kurangi kuah santan.

Serat yang didapat juga bisa dari sayur daun ubi, daun singkong, dan gulai nangka. Namun, pastikan daun ubi atau singkong tersebut direbus tanpa tambahan santan, jika ingin makan gulai nangka, ambil kuah santannya jangan terlalu banyak.

Kuah santan dari gulai nangka mengandung minyak yang mampu meningkatkan asupan kalori serta kolesterol jika terlalu berlebih.

  1. Kurangi Porsi Nasi.

Mengurangi nasi menjadi setengah porsi akan menghemat jatah kalori harian pada tubuh, dengan hanya mengambil satu centong nasi, bisa menekan asupan kalori nasi kurang dari 100. Mengurangi nasi juga bisa membantu mencegah kantuk setelah makan.

  1. Memilih Satu Menu Masakan Padang.

Salah satu cara aman saat makan nasi padang, yakni dengan membatasi menu atau pilih satu menu saja. Karena jika kebanyakan menu masakan padang terbuat dari santan dan berlemak, sehingga bisa berisiko membuat kolesterol melonjak.

Selain itu, untuk menghindari lemak jenuh berlebih dan kolesterol tinggi, pilih menu yang lebih sehat, seperti ayam pop atau masakan ikan.