Pengertian, Tujuan dan Manfaat dari Olah Raga

Pengertian Olahraga Menurut Ahli beserta Jenis dan Tujuannya

Olahraga adalah sesuatu hal yang umum dan sering dilakukan sehari-hari. Kegiatan fisik ini bahkan seringkali dikaitkan dengan kesehatan. Bukan hanya berguna untuk kesehatan fisik, olahraga pun disebut bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Tetapi, apakah Anda paham pengertian olahraga yang sebenarnyanya? Lalu, apa tujuan dan manfaatnya untuk Anda? Untuk mengetahuinya, yuk, simak ulasan di bawah ini!

Secara harfiah, kata olahraga terdiri dari kata dasar olah dan raga. Yang mana, olah adalah suatu proses kegiatan, sementara raga adalah badah atau tubuh. Sehingga, olahraga bisa diartikan sebagai suatu kegiatan menggerakan seluruh atau sebagian tubuh baik untuk kesehatan maupun hiburan. Olahraga pun sering diartikan sebagai suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran untuk melatih tubuh manusia baik secara jasmani maupun rohani.

Nah, penjelasan di atas adalah pengertian olahraga secara umum. Di samping itu, beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mereka mengenai apa itu pengertian olahraga.

Menurut Hans Tandra, olahraga adalah gerakan tubuh yang teratur dan sesuai irama dengan tujuan untuk memperbaiki kebugaran tubuh. Ia pun berpendapat bahwa aktivitas ini berguna meningkatkan imunitas tubuh supaya terjaga kesehatannya. Sementara itu, menurut Cholik Mutoir, olahraga merupakan suatu kegiatan fisik yang dikerjakan secara sistematik dalam rangka membantu perkembangan potensi jasmaniah dan rohaniah.

  • Tujuan dari Olahraga

Olahraga bisa dilakukan untuk berbagai tujuan. Namun pada umumnya orang-orang melakukan olahraga dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan. Di samping itu, olahraga pun bisa dilakukan hanya untuk sekadar hobi, mencari keringat, membentuk tubuh, mengisi waktu luang, menurunkan berat badan, dan mencapai prestasi. Terlebih, ada juga yang melakukannya untuk karir. Apabila dikelompokkan, tujuan olahraga bisa dibagi menjadi empat yakni olahraga untuk pendidikan, olahraga untuk rekreasi, olahraga untuk prestasi, dan olahraga untuk rehabilitasi.

Sehubungan dengan tujuannya untuk pendidikan, olahraga dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah dengan istilah pendidikan jasmani. Yang mana tujuan olahraga di sekolah ini adalah untuk mendorong siswa mengembangkan keterampilan motorik, sikap sportivitas, dan meningkatkan kemampuan fisik. Sedangkan olahraga untuk rekreasi memiliki tujuan bersenang-senang. Dan olahraga untuk prestasi dilakukan dalam kejuaraan tertentu. Sementara olahraga untuk rehabilitasi dilakukan dalam rangka memperbaiki keadaan tubuh seseorang yang pernah sakit.

 

  • Manfaat dari Olahraga

Di samping dilakukan untuk tujuan tertentu, olahraga pun memiliki banyak manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Di dalam hal kesehatan, olahraga secara rutin dapat membantu menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit. Hal tersebut terjadi karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga pun dapat merangsang pertumbuhan ideal dan membuat tubuh Anda menjadi lebih tegap. Gerakan fisik dalam olahraga pun bisa memperlancar peredaran darah. Ketika aliran darah lancar, tubuh Anda pun bisa terjaga dari asupan nutrisi dan oksigen sehingga tetap sehat. Lancarnya aliran darah pun akan membuat konsentrasi Anda semakin baik.

Tidak hanya itu saja, olahraga pun bermanfaat meningkatkan daya pikir dan kinerja otak sebagai pengendali gerak sadar. Di samping itu, orang yang berolahraga secara teratur akan lebih terbiasa bergerak dan mengekspresikan dirinya sehingga bisa lebih percaya diri. Bagi sebagian orang, olahraga pun bisa menjadi aktivitas yang bisa membantu mengurangi stres.