Inilah Keutamaan Menyanyikan Lagu Penyembahan Kristen

13 Lagu Rohani Kristen Terbaik untuk Menguatkan Iman

Lagu penyembahan Kristen tak hanya sekedar irama dan lirik saja, melainkan juga memiliki berbagai keutamaan.

Lantas, seperti apakah keutamaan dari menyanyikan lagu penyembahan tersebut? Nah, biar lebih jelasnya lagi, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Dapat Memperdalam Keimanan

Salah satu keutamaan dalam menyanyikan lagu penyembahan Kristen, yakni dapat memperdalam keimanan dan spiritualitas.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada lagunya terkandung lirik-lirik yang mengingatkan umat manusia kepada sifa-sifat Tuhan, karya-karya-Nya, dan janji-janji-Nya.

Melalui nyanyian lagu ini, tentu saja para jemaat akan selalu mengingat kasih sayang serta pengorbanan Yesus di kayu salib.

  1. Memperdalam Kebenaran Alkitab

Selain memperdalam keimanan, lagu penyembahan juga kerap difungsikan sebagai media pengajaran yang efektif.

Bagaimana tidak? Sebab lirik-liriknya kaya dengan kutipan dari alkitab sehingga sangat membantu bagi para jemaat dala memahami sekaligus meyakini kebenaran agama kristen.

Adapun mengenai beberapa lagu penyembahan yang umum dilantukan di gereja saat beribadah, seperti Amazing Grace dan How Great Thou Art.

Lagu Amazing Grace mengajarkan seputar karunia dan anugerah dari Tuhan yang menyelamatkan, sedangkan lagu How Great Thou Art mengajak umat kristen untuk merenungkan kebesaran Tuhan melalui ciptaan-Nya.

  1. Membentuk Komunitas dan Persatuan Antar Jemaat

Melantunkan lagu penyembahan secara bersama-sama dapat membentuk komunitas dan persatuan diantara jemaat.

Ketika para jemaat berkumpul untuk bernyanyi, maka mereka akan mengalami beragam pengalaman rohani yang sama, sehingga mampu membangun rasa kebersamaan dan persatuan.

Tak hanya itu, bahkan kegiatan ini juga bisa membuat suasana ibadah semakin hangat dengan penuh kebersamaan.

Pada gereja umumnya, menyanyikan lagu penyembahan menjadi salah satu momen yang akan menghubungkan komunikasi antar jemaat maupun dengan Tuhan.

  1. Sebagai Sarana Untuk Mengekspresikan Emosi dan Doa

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lagu penyembahan menjadi sarana bagi para jemaat untuk mengekspresikan emosinya kepada Tuhan.

Mulai dari sukacita, syukur, penyesalan dosa, hingga rasa sakit melalui lirik dan irama lagu penyembahan yang semakin membuat suasana menjadi lebih khidmat.

Itu sebabnya, mengapa menyanyikan lagu penyembahan menjadi doa yang paling kuat dalam mengungkapkan seluruh unek-unek kehidupan bagi para jemaat.

Pada kegiatan ibadah, lagu penyembahan ini sangat membantu jemaat dalam mendapatkan kata-kata terbaik untuk dijadikan doa.

Misalkan ketika seorang jemaat sedang merasa gundah dan berduka, ada lagu penyembahan yang menceritakan tentang penghiburan serta harapan dari Tuhan.

Begitu juga dalam momen sukacita yang terdapat lagu penyembahan seputar rasa syukur dengan penuh pujian, sehingga akan memperdalam keimanan dan senantiasa mengingat kebesaran Tuhan.

  1. Penyembahan Menjadi Ritual Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketika lagu penyembahan dilantunkan secara terus-meneruh di gereja, tentu saja akan selalu terngiang-ngiang dalam hati maupun pikiran para jemaat sepanjang minggu.

Bahkan, tak sedikit pula dari mereka yang kerap teringat pada lirik-lirik lagu penyembahan saat mengalami kejadian tertentu dalam kehidupan sehari-harinya.

Sehingga seseorang akan menyanyikan lagu penyembahan dimanapun berada, entah itu dirumah, di tempat kerja, dalam perjalanan, dan lain sebagainya.

Dengan kebiasaan yang satu ini, tentu saja dapat membantu seseorang untuk selalu mengingat kehadiran Tuhan di setiap momen kehidupannya.

Oleh karena itu, penting bagi para jemaat untuk menghapalkan lagu-lagu penyembahan agar keimanan tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa keutamaan dari menyanyikan lagu-lagu penyembahan Kristen, sehingga bisa kamu jadikan sebagai penambah keimanan.