5 Jenis Musik Beserta Pengertiannya Lengkap

USA Biz News – Mendengarkan musik memang menjadi hiburan yang mengasyikkan bagi kebanyakan orang. Padahal, saat mendengarkan musik, tubuh dan pikiran bisa rileks dari segala penat yang ada. Kegiatan ini sering menjadi hobi favorit bagi sebagian orang.

 

Tak hanya sebagai hiburan, musik juga dianggap sebagai pelarian positif untuk mengekspresikan emosi. Juga, bagi siapa saja yang suka bermusik, tentu bisa menjadi sumber inspirasi untuk menulis sebuah lagu. Hal ini memungkinkan hobi atau passion terhadap musik tersalurkan dengan baik.

 

Selain sebagai hobi, sebagian orang juga mendengarkan musik untuk menemani aktivitas atau aktivitas sehari-hari. Dengan musik, pekerjaan sehari-hari akan diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat. Hal positif lainnya adalah pikiran menjadi lebih tenang dan tidak tegang karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan.

 

Dari beberapa pernyataan di atas dapat dipahami bahwa mendengarkan musik dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Tentu saja, ini dapat dicapai dengan mendengarkan musik favorit Anda.

 

Dalam hal ini, setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Ada yang suka musik jazz, musik country, atau ada yang suka mendengarkan musik pop, bahkan dangdut di mp3 juice.

 

Klasik

Jenis musik yang pertama adalah musik klasik. Jenis musik klasik ini dikatakan memiliki nilai seni yang tinggi. Musik klasik sendiri sudah ada sejak lama, dimana memiliki ciri khas susunan nada dan timbre yang indah yang mampu membangkitkan decak kagum pendengarnya.

 

Meski sudah ada sejak lama atau sekitar abad ke-18, musik klasik ini tetap diminati. Bukan tanpa alasan banyak orang menyebut jenis musik ini sebagai lagu sepanjang masa.

 

Banyak contoh musik klasik dapat ditemukan dalam karya-karya besar seperti Mozart, yaitu Symphony No.40, Piano Sonata No.16 dalam C Major, Piano Concerto No.21 dan masih banyak lagi.

 

Selanjutnya, karya konduktor Beethoven tidak kalah mengesankan. Seperti Moonlight Sonata, Fur Elise, 6th Symphony dan sebagainya.

 

Jazz

Jenis musik selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah jazz. Secara historis, jazz berkembang di Amerika Serikat, khususnya pada awal abad ke-20. Sebelum musik ini berkembang di Amerika lebih banyak dipengaruhi oleh musik Afrika dan Eropa.

 

Disebutkan pula bahwa jazz adalah seni musik yang dihasilkan dari perpaduan musik blues, ragtime, dan musik band Eropa. Biasanya jenis musik ini dikenal dengan nada yang ringan dan dapat memberikan kesan santai pada pendengar stafaband.

 

Contoh musik jazz dapat dilihat dalam karya Louis Armstrong La Vie En Rose, serta dalam Body and Soul karya Coleman Hawkins. Selain itu, musik jazz juga kental, terdapat pada musik Tompi, Sedari Dulu, dan Sepatu oleh penyanyi solo Tulus.

 

Country

Jenis musik berikut ini berasal dari musik country. Jenis musik ini biasanya kental dengan nada yang ringan, gembira dan santai. Konon, jenis musik ini dibuat untuk musik rakyat Amerika, tepatnya untuk penduduk wilayah pegunungan Appalachian.

 

Musik country masih berkembang, terutama di Amerika. Hingga saat ini masih banyak penyanyi dan band yang menggunakan musik country dalam setiap karyanya.

 

Musik country oleh musisi Amerika dapat ditemukan dalam karya-karya Little Big Town, Luke Bryan, Roller Coaster, Shania Twain dan banyak lainnya. Sementara itu, Indonesia dapat menikmati musik country dari lagu Bengawan Solo karya Tantowi Yahya serta Bento karya Iwan Fals.

 

Rock

Rock juga merupakan salah satu jenis musik yang menarik untuk dinikmati. Musik rock umumnya dicirikan oleh suara gitar elektrik sebagai instrumen utama dalam setiap karya genre musik ini.

 

Tidak hanya gitar elektrik, suara bass, drum dan alat musik lainnya juga berkontribusi pada suara musik rock yang menarik.

 

Musik rock konon berkembang sejak tahun 1950-an dan seterusnya.Musik rock ini banyak dijumpai pada karya-karya Gun N Roses, Queen, Nirvana, Meat Loaf dan masih banyak lagi.

 

pop

Jenis musik selanjutnya yang sangat digemari masyarakat adalah musik pop. Jenis musik ini memiliki nada dan lirik yang sederhana. Selain itu, jenis musik populer ini juga lebih mudah dipahami dan cocok untuk dinyanyikan atau disenandungkan.

 

Musik pop bisa mencakup semua bidang, baik itu cinta, kemanusiaan, sosial dan sebagainya. Hal ini membuat musik pop universal.