Memahami Pengertian Atlas

USA Biz News – Untuk pembahasan kali ini mari kita simak Academia penjelasan atlas yang dalam hal ini berisi tentang arti, fungsi, jenis, unsur, istilah dan manfaat untuk memahami dan memahami lebih lanjut simak ulasannya dibawah ini.

 

mengerti Atlas

Atlas adalah kumpulan peta yang terdaftar, dimana kumpulan peta tersebut dapat mencakup seluruh atau hanya sebagian dari peta dunia. Peta dunia dari atlas modern pertama oleh Ortelius-Theatrum Orbis Terrarum pada tahun 1570.

 

Pengertian lain dari atlas adalah bahwa atlas adalah kumpulan peta yang kemudian digabungkan menjadi sebuah model buku dimana kumpulan peta yang disajikan dalam bentuk buku berisi informasi tentang batas negara geografi, geopolitik, sosial, agama dan statistik ekonomi. Dan semua informasi ini disajikan dalam bentuk buku peta yang disebut atlas.

 

Jenis Atlas

Berdasarkan jenis atlas, yang menjadi perhatian ketiga jenis atlas dibagi menjadi tiga jenis sebagai berikut:

 

Atlas Umum

Atlas umum adalah atlas yang memberikan informasi umum tentang ciri-ciri geografi di permukaan bumi. Contoh jenis atlas yang umum adalah atlas nasional, atlas regional, dan atlas dunia.

 

Jenis atlas yang umum adalah:

 

Atlas Nasional, yaitu atlas yang berisi tentang negara yang lengkap dengan tampilan fisik dan sosialnya.

Regional Atlas, merupakan atlas yang memuat negara-negara yang berada di wilayah yang sama. Atlas ini menyajikan negara-negara yang dekat satu sama lain dan memiliki beberapa kesamaan secara historis atau sosial ekonomi. Misalnya Atlas Eropa, Atlas Asia, Atlas Afrika.

Wereldaltas, atlas yang memuat negara-negara di seluruh dunia secara lengkap dari semua benua, misalnya atlas dunia.

 

Atlas Khusus

Atlas khusus adalah atlas yang sesuai dengan judulnya, hanya berisi satu jenis informasi. Contoh atlas ini adalah:

 

Atlas Penduduk, merupakan atlas yang menggambarkan persebaran penduduk.

Atlas Geologi, yaitu atlas yang menggambarkan kondisi geologi atau batuan.

Atlas Semesta

Atlas Semesta adalah atlas yang menggambarkan keadaan alam semesta dalam kaitannya dengan, antara lain, tata surya, galaksi dan astrologi serta peredaran benda langit.

 

Berdasarkan tujuan dan isi atlas dibagi menjadi tiga jenis, seperti ketiga jenis atlas menurut tujuan dan isinya, sebagai berikut:

 

  • Atlas acuan adalah atlas yang digunakan untuk menentukan kenampakan geografis dan batas negara “batas wilayah”.
  • Atlas pendidikan atau atlas sekolah.
  • Atlas Tematik adalah atlas yang berisi peta-peta dengan tema tertentu. Contoh atlas tematik adalah peta persebaran penduduk, peta pertanian, peta pariwisata dan lain sebagainya.

Elemen Atlas

Berikut adalah beberapa elemen atlas, terdiri dari:

 

  1. Judul Atlas

Judul atlas adalah informasi awal dari atlas dan dimaksudkan untuk mencerminkan seluruh isi atlas. Atlas dunia meliputi peta permukaan bumi, baik darat maupun laut, peta benua, peta Kutub Utara dan Kutub Selatan, dan peta negara-negara benua.

 

  1. Daftar Isi

Daftar isi berisi nama-nama kartu yang telah disusun beserta halaman tempat kartu tersebut disajikan. Daftar isi berguna untuk membantu pengguna menemukan peta yang diinginkan dengan lebih mudah.

 

  1. Kata Pengantar

Kata Pengantar adalah pernyataan pembuat atlas tentang isi dan tujuan atlas.

 

  1. Legenda

Legenda adalah deskripsi yang menjelaskan simbol-simbol yang digunakan pada peta di atlas.

 

5. Tahun Pembuatan Atlas

Tahun pembuatan atlas disertakan agar pengguna mengetahui kapan atlas dibuat sehubungan dengan kecukupan data yang disajikan dengan waktu penggunaan.

 

  1. Daftar Indeks

Daftar indeks berisi daftar nama-nama objek geografis, baik fisik maupun sosial budaya, yang disusun berdasarkan kelompok tertentu, seperti: B. Kota, Pegunungan, Pegunungan, Pulau, Pulau, Sungai, Danau, Waduk, Teluk, Selat, Laut, Samudera, Tanjung dan Bandara, dengan masing-masing kelompok disusun menurut abjad.