Jenis Tangga Nada Pentatonik Yang Harus Diketahui

USA Biz News – Tangga nada pentatonik adalah salah satu jenis tangga nada yang perlu Anda kenali. Selain itu, tangga nada adalah dasar dari studi musik. Tangga nada merupakan salah satu unsur musik yang perlu Anda pahami.

Anda mungkin sudah memahami tangga nada yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Anda harus mempelajari skala ini, mulai dari jumlah nada, urutan, hingga karakteristiknya. Ada beberapa jenis tangga nada, diantaranya tangga nada pentatonis.

Tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang terdiri dari 5 nada. Ada beberapa jenis tangga nada, antara lain tangga nada kromatik, oktatonik, diatonis, heksatonik, hepatitonik, dan pentatonik. Selain itu, ada juga tangga nada mayor, minor, modal, dan whole.

Sebelum mengetahui bahwa tangga nada pentatonik merupakan salah satu jenis tangga nada, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian tangga nada. Tangga nada adalah urutan nada, nada, atau interval yang membagi satu oktaf. Tangga nada adalah serangkaian notasi musik yang diatur oleh nada atau frekuensi dasar. Skala mewakili pembagian ruang oktaf. Meskipun jumlah tangga nada berbeda yang dapat dirumuskan secara teoritis hampir tak terbatas, beberapa tangga nada cenderung konvensional dalam budaya atau tradisi musik tertentu.

Skala adalah sekelompok notasi yang diatur oleh naik atau turunnya nada. Dalam skala menaik, setiap nada lebih tinggi dari yang terakhir, dan dalam skala menurun, setiap nada lebih rendah dari yang terakhir. Tangga nada musik adalah sekelompok nada (12 nada per tangga nada) yang terdengar bagus saat dimainkan di dalam atau di luar urutan, naik atau turun. Belajar tangga nada akan sangat meningkatkan komposisi dan kemampuan Anda untuk mempelajari musik baru.

Tangga nada adalah seperangkat nada musik yang disusun secara berurutan. Tangga nada pentatonik adalah salah satu jenis tangga nada yang perlu Anda pahami. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tangga nada pentatonik adalah nada yang terdiri dari lima nada (seperti dalam Damelan).

Tangga nada pentatonik atau tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang terdiri dari lima nada per oktaf. Tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang sering digunakan sebagai dasar memainkan musik blues. Tangga nada pentatonik adalah tangga nada yang lebih banyak digunakan daripada formasi tangga nada lainnya.

Tangga nada pentatonik adalah salah satu dari banyak jenis tangga nada. Berikut beberapa jenis tangga lainnya:

Tangga Nada Kromatis

Tangga nada kromatik adalah tangga nada yang menggunakan 12 nada dan semuanya diberi jarak 1/2. Tangga nada kromatik adalah kumpulan semua nada dalam musik. Setiap nada dari tangga nada kromatik adalah interval seminada (semitone) yang terpisah dari nada lainnya.

Tangga Nada Oktatonis

Tangga nada oktatonik adalah semua delapan tangga nada notasi musik. Definisi tangga nada oktatonik berkaitan dengan atau menggunakan tangga nada delapan nada yang terdiri dari nada-nada seminada dan nada-nada umum yang berselang-seling. Skala ini kadang-kadang digunakan dalam jazz.

Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis memiliki tujuh nada berbeda dalam satu oktaf. Untuk setiap oktaf ada lima langkah penuh dan dua setengah langkah. Dua setengah langkah dipisahkan oleh dua atau tiga langkah penuh. Catatan ini adalah catatan putih pada piano. Tujuh nada dari setiap tangga nada diatonis juga dapat diperoleh dengan menggunakan rantai enam perlima yang sempurna.

Tangga Nada Heksatonis

Tangga nada heksatonik, juga dikenal sebagai tangga nada enam nada, adalah tangga nada musik yang berisi enam nada berbeda dalam satu oktaf. Skala ini memberikan dasar teoretis dan praktis untuk pelatihan penyanyi di akhir Abad Pertengahan dan Renaisans.

Tangga Nada Hepatonik

Skala hati terdiri dari tujuh skor yang berbeda. Tangga nada heptatonic sangat penting dalam tradisi musik seni dunia. Sistem nada India, Iran dan Barat semuanya heptatonic. Timbangan menyerupai mode abad pertengahan ditemukan di beberapa musik populer Eropa. Di Jawa, banyak bentuk sisik pelog termasuk hepatonik.

Referensi:

Download lagu