5 Rekomendasi Wisata Jogja, Cocok untuk Menghabiskan Libur Panjang Lebaran

Taman Pintar Jogja: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Jogja adalah salah satu kota yang memiliki destinasi wisata yang difavoritkan oleh masyarakat untuk menghasbikan libur panjang bersama keluarga atau teman dekat. Kota pelajar menjadi sebutan untuk kota yang satu ini, yang memiliki banyak sekali tempat wisata.

Jika baru pertama kali berlibur ke Jogja, atau sudah berkali-kali dan butuh rekomendasi tempat wisata Jogja yang baru, dibawah ini akan menjelaskan beberapa wisata Jogja yang bisa jadi referensi untuk liburan nanti. Berikut rangkumannya.

  1. Taman Pintar.

Taman pintar merupakan tempat liburan di jogja yang tepat bagi anak-anak dan keluarga. Selain berlibur, berkunjung ke Taman Pintar akan menambah wawasam si kecil. Berbagai wahana yang tersedia didalamnya seperti, wahana teater 3D dan wahana bahari, akan mengajak anak  untuk belajar sekaligus bermain.

Taman Pintar bisa dikunjungi pada pukul 09/00 WIB hingga 16.00 WIB setiap hari. Lokasinya di jl. Penambahan Senopati No. 1-3, tidak terlalu jauh dari Malioboro. Ada banyak transfortasi yang bisa digunakan untuk mencapai tempat wisata Jogja ini, mulai dari bus umum, bus Trans Jogja, taksi, delman, becak, atau kendaraan pribadi.

  1. Hutan Pinus Pengger.

Jogja juga memiliki wisata alam yang sangat mempesona. Salah satu tempat wisata Jogja yang bisa dinikmati adalah Hutan Pinus Pengger yang terletak di pinggiran Kota Jogja yaitu Bantul, tepatnya di Kecamatan Dlinggo. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam hutan pinus yang sejuk dan teduh sambil berfoto ria untuk media sosial.

Pengunjung harus melewati anak tangga dari tanah untuk bisa masuk ke area hutan pinus ini. pengunjung bisa berkunjung ke Hutan Pinus Pengger setiap hari dari pukul 05.30 hingga 00.00. Pengunjung juga bisa menikmati aneka fasilitas outbound yang dikenai terif per fasilitas yang ada di dalam. Bagi yang hobi camping, bisa juga menginap di hutan ini dengan tariff Rp15.000 saja per harinya.

  1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark.

Jika berlibur bersama anak dan keluarga, nampaknya akan pas jika mengunjungi waterpark Jogja ini. Jogja Bay merupakan waterpark terbesar, telengkap, dan tercanggih di Indonesia.

Jogja Bay merupakan tempat arena permainan air yang mengacu waterboom dan waterpark di Orlando AS.

Wahana terlengkap ini juga memiliki 19 jenis wahana dengan keunggulan “How to Survive in stunamy and earthquake”. Maka wahana ini bukan sebatas air saja, melainkan ada wahana edukasinya.

  1. He Ha Ocean View.

Salah satu objek wisata Jogja hits yang terkenal dan wajib dikunjungi di Yogyakarta adalah HeHa Ocean View. Di tempat ini, bisa menikmati keseruan berfoto sambil menikmati pemandangan laut selatan dari tepi tebing.

Terdapat berbagai spot foto instagramable yang disediakan oleh pengelola. Selain itu, pengunjung juga bisa duduk di area taman serta kolam sambil menyantap makanan dan menikmati penampilan live musik.

  1. Pantai Parangtritis.

Meski Pantai Parangtritis memang sangat “turis banget”, tapi bagi yang pertama kali ke Jogja, pantai ini tetap wajib dikunjungi. Dengan garis pantai yang cukup panjang dan area pasir pantai yang sangat luas, ada banyak hal yang bisa dinikmati di Parangtritis, baik itu berburu foto keren di gundukan pasir, mengendarai ATV atau malah delman, bermain pasir, atau sekadar duduk-duduk menikmati angin laut.

Pantai Parangtritis juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset, jadi usahakan datang menjelang sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sini.