5 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Dieng Jawa Tengah

Jangan Sampai Terlewat, 5 Tempat Wisata Dieng yang Keren

Bagi Anda yang suka dengan udara dingin dan pegunungan, dataran tinggi Dieng adalah salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi. Pasalnya, Dieng terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang menawarkan keindahan alam serta kekayaan budaya yang memikat. Terdapat banyak tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi di daerah ini, yaitu mulai dari air terjun, candi, kawah, telaga, hingga pegunungan yang menyuguhkan panorama alam nan menyegarkan mata.

Tempat Wisata Dieng Terpopuler

Untuk Anda yang tertarik menghabiskan akhir pekan dengan berwisata di dataran tinggi Dieng, berikut pilihan destinasi tempat wisata terpopuler dan terbaru du Dieng.

  1. Gardu Pandang Tieng

Ketika Anda berkunjung ke Dieng, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Gardu Pandang Tieng. Gardu ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Desa Tieng yang ada di ketinggian 1.800 Mdpl. Anda pun akan disuguhkan pemandangan alam perkebunan sayur yang berundak-undak yang menyejukkan mata. Di sini, Anda wajib membawa jaket karena udaranya cukup dingin, bahkan terkadang diselimuti kabut.

  1. Kawah Candradimuka

Rekomendasi selanjutnya adalah Kawah Candradimuka. Kawah ini terbentuk dari munculnya solfatara dari rekahan tanah yang ada di Dataran tinggi Dieng. Terdapat dua lubang rekahan yang masih aktif mengeluarkan solfatara secara terus menerus dan juga secara berselang. Pemandangan alam yang disuguhkan pun cukup indah yang dikelilingi bebatuan dan pohon-pohon yang rindang. Untuk bisa masuk ke area kawah ini, Anda cukup membeli tiket seharga Rp5.000.

  1. Agrowisata Perkebunan Teh Tambi

Untuk Anda yang ingin merasakan asrinya perkebunan teh di Dieng, Anda bisa mengunjungi Agrowisata Perkebunan Teh Tambi. Adapun lokasinya adalah berada persis di lereng Gunung Sindoro sehingga pengunjung dapat melihat panorama pegunungan dan kebun teh yang indah. Di Agrowisata Perkebunan Teh Tambi, terdapat berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti cara memilih teh yang bagus, memetik teh sendiri dengan keranjang di punggung, serta menyaksikan langsung proses pembuatan teh secara detail.

  1. Pemandian Air Panas Bira Bitingan

Oleh karena suhu di sekitar dataran tinggi Dieng yang dingin, Anda mungkin ingin mencoba berendam air panas untuk merilekskan badan. Ya, Pemandian Air Panas Bira Bitingan dapat menjadi salah satu pilihan saat berkunjung ke Dieng.

Pemandian air panas ini adalah berlokasi di dusun wisata Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Air panas di pemandian ini yaitu berasal dari sumber mata air panas alami di kaki gunung Sipandu yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

  1. Telaga Warna

Destinasi wisata ini berada di Kejajar, Wonosobo. Telaga Warna adalah destinasi wisata di Dieng selanjutnya yang menjadi salah satu tujuan traveling favorit. Salah satu keunikan dari destinasi wisata di dataran tinggi Dieng ini adalah warna air dari telaga yang warnanya mampu berubah-ubah karena kandungan belerang yang ada di dalamnya. Dengan dikelilingi alam yang masih asri, menambah keindahan dari panorama obyek wisata di Dieng satu ini.

  1. Bukit Sikunir

Sementara bagi Anda yang berlibur ke Dieng untuk berburu panorama matahari terbit yang indah, Bukit Sikunir bisa jadi salah satu destinasi wisata di Dieng yang tepat untukmu. Pasalnya, obyek wisata Dieng yang berlokasi di Desa Sembungan, merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa ini memang terkenal jadi tujuan para penggemar fotografi untuk mengabadikan momen matahari terbit yang sangat indah.

Tetapi, untuk bisa mendapatkan pemandangan yang indah tersebut, Anda perlu mendaki bukit sebelum menjelang subuh dan harus berhadapan dengan dinginya terpaan angin. Namun tentunya perjuangan ini akan sebanding setelah Anda bisa melihat langsung pemandangan matahari terbit yang legendaris di Bukit Sikunir.